APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SUKSES ?

APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN SUKSES ?

Apkah karena seseorang yang telah kaya raya ?Atau karena seseorang yang telah memperoleh deretan gelar akademis yang diperolehnya, atau seseorang yang telah memperoleh popularitas yang tinggi sehingga banyak orang yang mengelu-elukannya. Ternyata banyak orang kaya yang mati dalam kesendirianatau mati kesepian atau bahkan ada orang yang berilmu tinggi malah masuk bui karena memperdaya /menipu orang lain atau orang yang sudah terkenal akhirnya masuk penjara karena mengedarkan atau mengkonsumsi narkoba atau mantan pejabat bahkan pejabat yang masih aktif dimasukkan kedalam penjara dll.

Berdasarkan Alqur’an seseorang dikatakn sukses itu yaituorang-orang yang makomnya sudah mencapai ketaqwaan dan keimanan murni dan mukhlis karena Allah seperti antara lain dijelaskan dalam Qur’an  “Ingatlah sesungguhnya wali=walinya Allah mereka tidak merasa khawatirmereka dan juga tidak pula merasa takut serta berduka cita.mereka itu beriman dan bertaqwa mereka dan bagi mereka kabar gembira didalam kehidupan duniadan juga kehidupan akhirat. Tidak ada pengingkaran /perobahan dari ayat-ayatnya Allah (pastiberlakunya ketetepanNya) Demikian itu keuntungan/ganjaran dari Allah yang maha besar” ( QS Yunus 62-64 )

Dari  tafsir ayat qur’an diatas maka orang dikatakan sukses memang harus memiliki kekayaan dan juga harus memliki ilmu pngetahuan yang luas. Permasalahannya bagaimana kekayaan dan pengetahuan itu betul-betul bermakna sehingga bisa menggiring orang yang memilikinya menjadi tenang dan nyaman sehingga tidak menjadi takut dan khawatir akan diinterogasi oleh pihak lain.Berdasarkan  hadist  rasulullah orang yang pintar/ cerdas yaitu orang yang selalu memikirkan bagaimana kehidupannya nanti setelah kehidupan dunia yang pana ini Sebagaimana firan Allah yang tertera pada qur’an yang  artinya BAHWA KEHIDUPAN DUNIA INI HANYALAH KEHIDUPAN SEMENTARA  dll. Apalagi dalam hadis lain dikatakan bahwa satu hari kehidupan akhirat = seribu tahun kehidupan dunia.

Agar pemahaman kita tentang keberhasilan itu betul-betul murni maka kita harus memahami dan meyakini ketentuan mutlak dari Allah dan Rassul sebagai pedoman bagi kita umat beragama islam khususnya dan manusia secara umum. Tetapi sebagai makhluk Allah yang berpikir dan berakhlak mulia kewajiban pokok manusia selalu berikhtiar dan berdoa kepada Nya untuk memamfaatkan segala daya upaya untuk membarokahkan kurnia Allah yang telah diturunkan dimuka bumi ini yang juga harus sesuaidengan koridor yang ditetapkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, dengan selalu meningkatkan ilmu serta keterampilan yang terus=meneruskan kita tingkatkan sesuuai dengan perkembangan zaman.

Dengan demikian jika kita padukan pengetahuan, teknologi dan pengetahuan agama yang seimbang insya Allah hasrat/ keinginan ketaqwaan dan keterampilan dunia akhirat  akan tercapai, sehingga kesuksesan/ kebahagian akan tercapai dan ketaqwaan dan keimanan yang murni akan kita raih degan baik .

Keuntungan orang bertakwa dan beriman berdasarkan Alquran dan Alhadis  antara lain dijelaskan oleh ketentua nass sebagai berikut :

  • Sesungguhnya org org yg bertakwa mendapatkan kemenangan{An Naba 31]
  • Barang siapa yg bertakwa kepada Allah maka allah akan menunjukkan jalan keluar [At talak 2]
  • Dan Allah memberi rezki kepada mereka(bertaqwa) dari arah yang tidak disangka-sangka   (at thalak ayat 3)
  • Dan barang siapa yangberiman dan bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memudahkan segala urusannya. (at thalak ayat 4)
  • Barang siapa yang bertaqwa pada Allah, niscaya Dia Allah akan menghapus segala kesalahan –kesalahannya dan akanmelipat gandakan pahala untuknya

(at thalak ayat 5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s