Berdoa pada sepertiga malam yang akhir

Bangun Malam

Kamis, 11 juni 2001

Diriwayatkan dari Hudzaifah ra., dia berkata, “Nabi SAW selalu menggosok giginya dengan siwak setiap bangun dari tidur malam hari.” (Rowahu al-Bukhari)

Dari Ibnu Umar ra. bersabda Nabi SAW, “Senantiasalah bersiwak, karena hal itu akan membersihkan mulut dan menjadikan Allah SWT rela.” (Rowahu al-Bukhari)
Ali bin Abi Thalib ra. menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba Allah apabila dia sudah menggosok gigi , kemudian mengerjakan sholat malam, maka malaikat akan berdiri di belakangnya. Kemudian malaikat akan memperhatikan bacaannya, mendekatinya sehingga ia meletakkan mulutnya pada mulut orang tersebut. Tidaklah terucap sedikitpun dari ayat al-quran kecuali akan masuk ke dalam mulut malaikat. Mereka akan membersihkan mulut mereka dengan bacaan al-quran.” (Rowahu al-Bazzar fi musnad).
Jabir bin Abdillah ra. menuturkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian bangun sholat malam, maka hendaklah ia menggosok giginya. Sebab jika ia membaca al-quran dalam sholatnya, malaikat akan mendekatkan mulutnya kepada mulut orang tersebut. Tidak ada yang terucap dari orang itu kecuali akan masuk ke mulut malaikat.” (Rowahu al-Baihaqi Fii Syi’bi Al-iimaan)
Hadits – hadits di atas – sengaja saya hunting – untuk menunjukkan pentingnya bersiwak atau menggosok gigi di kehidupan sekarang ini, terutama hubungannya dengan bangun malam. Ternyata salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan semangat dalam bangun malam adalah dengan sering menggosok gigi ini. Orang boleh bilang apa saja, tapi kenyataan menampilkan wajah yang sebenarnya. Ketika seseorang bangun malam, kemudian menggosok giginya, maka kantuk akan terusir dari kedua matanya. Gairah akan segera menyelimuti seluruh tubuh dan mengusir ikatan syetan dari ubun – ubunnya. Langkah jadi ringan dan mulut menjadi segar untuk memainkan dan menyuarakan kalam Ilahi. Ditambah iringan malaikat dan ampunan Allah SWT, maka sungguh sangat membahagiakan.
Oleh karena itu, wahai para pencinta bangun malam jika terasa berat beban di pundak, terasa membuta kantuk di mata, segerakanlah gosok gigi. Inilah salah satu jalan untuk menggelorakan semangat untuk bangun malam. Luar biasa, jika kita mampu menghayati dan mengamalkan sebagaimana hadits yang tersurat dalam lembaran ini. Dan mungkin sekarang kita baru sadar, inilah mungkin rahasia Sabda Rasulullah SAW sebagaimana hadits di bawah ini. Bukan hanya kebersihan mulut dan kesucian diri, tetapi beroleh keridhaan dari Allah SWT.
Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah SAW bersabda,”Jika tidak memberatkan umatku, niscaya aku akan perintahkan mereka untuk selalu bersiwak setiap sebelum shalat.” (Rowahu al-Bukhari)
Sebagai tambahan guna memperkuat dalil – dalil di atas, dalam kitab Ath-Thubbun Nabawi (Medis Nabawi) yang disusun oleh Ibnul Qoyyim Al-Jauziah dijelaskan manfaat siwak/gosok gigi antara lain:
membersihkan mulut
membersihkan gusi
mencegah pendarahan
menguatkan penglihatan
mencegah gigi berlubang
menyehatkan pencernaan
menjernihkan suara
membantu pencernaan makanan
memperlancar saluran nafas (bicara)
menggiatkan bacaan
menahan tidur
dikagumi malaikat
meridhokan Allah Ta’ala
Nah, sekarang giliran kita menunaikan dan membuktikannya.

Burhanrawas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s